10 Desember 2010

IFTITAH SHALAT MALAM

Doa Iftitah Shalat Malam

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ :كَانَ النَّبِيُّ صَلعَمَ إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ :اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلعَمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَوْ لاّ إِلَهَ غَيْرُكَ (أخرجه البخارى)

Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata: Keadaan Nabi Saw bila beliau mendirikan shalat malam, tahajjud, beliau berucap: (ALLOHUMA LAKAL HAMDU…….) Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkau Yang Mengurus langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji. Bagi-Mu kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Yang Menjadi Raja langit dan bumi. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Yang Maha Benar, janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar, firman-Mu benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad Saw itu benar, hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri, dan kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku bertaubat, kepada-Mu aku mengadu, kepada-Mu aku menyerahkan putusan, maka ampunilah aku dari apa yang telah lalu dan apa yang akan aku lakukan, dan apa yang aku sembunyikan, dan apa yang aku tampakkan. Engkaulah al-Muqaddim dan al-Muakhir. Tidak ada Tuhan selain Engkau atau tidak ada Tuhan selain-Mu. (HR al-Bukhari)

عَن أَبِى سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ :سَأَلْتُ عَائِشَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ :بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلعَمَ يَفْتَتِحُ صَلاَتَهُ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ ؟ قَالَتْ : كَانَ إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ افْتَـتَحَ صَلاَتَهُ :اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْـتَلِفُونَ اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (أخرجه مسلم )

Dari Abu Salamah bin Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata: Aku bertanya kepada Aisyah Ummul Mukminin, “Dengan apakah Nabi Saw membuka shalatnya bila ia mendirikan shalat malam?” Ia berkata: “Keadaan beliau bila mendirikan shalat malam, beliau memulai shalatnya: (ALLOHUMMA ROBBA JIBROIL WA MIKAIL WA ISROFIL FATIROS SAMAWATI WAL ARDI ‘ALIMAL GOIBI WAS SYAHADATI, ANTA TAHKUMU BAINA ‘IBADIKA FIMA KANU FIHI YAKHTALIFUN. IHDINI LIMAKHTULIFA FIHI MINAL HAQQI BI IDZNIKA, INNAKA TAHDI MAN TASYA-U ILA SIROTIM MUSTAQIM) “Ya Allah, Tuhan Jibrail dan Mikail dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nampak, Engkau yang memutuskan di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang mereka perselisihkan, tunjukkanlah aku pada kebenaran bagi apa yang diperselisihkan itu dengan seizin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada orang yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus”. (HR Muslim)

Download materi bisa di KLIK DI SINI

0 komentar:

Posting Komentar