This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

30 Oktober 2010

Membangun Peradaban Islam

Membangun peradaban Islam pada masa kini dapat disimak terlebih dahulu pada ungkapan Imam Malik yang menyatakan, "Permasalahan umat bisa dibereskan dengan langkah awal dibereskannya urusan umat ini".

artinya kita harus menelusuri terlebih dahulu masalah-masalah yang muncul di masyarakat (muslim) hari ini.


Materi disampaikan di: Coca Cola, 29 Oktober 2010

25 Oktober 2010

Jin dalam Diri Manusia

Photobucket

Dari Aisyah istri Nabi Saw, ia bercerita kepadanya (Urwah): “Sesungguhnya Rasulullah Saw pernah keluar darinya pada suatu malam”. Ia berkata: “Lalu aku cemburu kepadanya”. Kemudian ia dating, lalu ia melihat apa yang aku lakukan, maka ia bersabda: “Mengapa engkau, wahai Aisyah, apakah engkau cemburu?”. Aku berkata: “Bagaimana aku tidak cemburu kepada orang yang sepertimu”. Lalu Rasulullah Saw bersabda: “Apakah syetanmu telah dating kepadamu?”. Ia berkata: “Wahai Rasulullah Saw, apakah ada syetan yang bersama aku?” Ia bersabda: “Ya”. Aku berkata: “Apakah dengan setiap manusia?” Ia bersabda: “Ya”. Aku berkata: “Dan bersamamu juga, wahai Rasulullah?”. Ia bersabda: “Ya, tetapi Tuhanku menolong aku sehingga ia masuk Islam”. (HR Muslim, diriwayatkan juga oleh Ahmad dalam Musnad-nya: Bab Baqi Musnad al-Anshar)

Riwayat ini, selain dari Aisyah, juga dari Ibnu Abbas (Musnad Ahmad: Bab Musnad Bani Hasyim, Musnad Abdullah bin Abbas, dan Musnad al-Muktsirin min as-Shahabat)

Dari Ibnu Mas’ud, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah Saw: “Tidak ada seorang pun di antara kalian kecuali telah diserahkan kepadanya qorin-nya (yang selalu mengikuti) dari bangsa jin”. Mereka berkata: “Dan (apakah) engkau juga, wahai Rasulullah”. Ia bersabda: “Dan (begitu juga) aku, kecuali sesungguhnya Allah telah menolongku, lalu ia masuk Islam. Maka ia tidak menyuruhku kecuali pada kebaikan”. (HR Muslim)

Dalam riwayat Muslim melalui jalur sanad Sufyan ada tambahan: “dan qorin-nya (yang selalu mengikuti) dari malaikat”.

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur'an), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (QS az-Zukhruf [43]: 36)

Dan Kami tetapkan bagi mereka teman-teman yang menjadikan mereka memandang bagus apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka dan tetaplah atas mereka keputusan azab pada umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari jinn dan manusia, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang rugi. (QS Fushilat [41]: 25)

Ibnu Taimiyah berkata: “Masuknya jin ke dalam badan manusia merupakan sesuatu yang shahih menurut kesepakatan para imam Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Allah Ta’ala berfirman: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. (QS al-Baqarah [2]: 275)”. Dan dalam hadis shahih dari Nabi Saw: “Sesungguhnya syetan itu mengalir dalam diri manusia seperti mengalirnya darah”.

27) Majmu Fatawa Syaikhul Islam, jilid 24, hlm. 276
28) Shahih al-Bukhari, juz 6, hlm 336, No. hadis 3281; Shahih Muslim, juz 4, hlm. 1712, No. hadis 2175.

Abdullah bin Imam Ahmad bin Hanbal berkata: “Aku berkata kepada bapakku; ‘Sesungguhnya kaum-kaum itu berkata bahwa jin tidak akan masuk ke badan yang kesurupan”. Maka ia berkata: “Wahai anakku, mereka berdusta. Ini adalah ucapan dari lisannya (hanya pendapat mereka)”.

(Ibnu Taimiyah) rahimahullah berkata: “Tidak ada di antara para imam kaum muslimin yang mengingkari masuknya jin ke dalam badan yang kesurupan dan yang lainnya. Dan siapa saja yang mengingkarinya dan mengaku bahwa syariat mendustakan hal itu, maka sungguh ia telah berdusta atas nama syariat. Tidak ada dalil syariat yang menafikan (meniadakan) hal itu”.
Dan disebutkan bahwa di antara orang yang mengingkari masuknya jin ke badan yang kesurupan adalah segolongan orang dari kaum Mu’tazilah seperti al-Jubai dan Abu Bakar ar-Razi.
29) Majmu Fatawa Syaikhul Islam, jilid 19, hlm. 12

Hanya saja perlu diwaspadai bahwa hal ini bisa memungkinkan seseorang terjerumus ke dalam kemusyrikan. Salah satu indikasi bahwa seseorang telah terjerumus ke dalam kemusyrikan adalah mempercayai apa yang dikatakan dan diminta oleh seseorang yang kesurupan, apalagi menunaikannya.

Disampaikan di: Masjid al-Hijrah, Rancapait, 23 Oktober 2010

Nilai Ujian bagi Seorang Mukmin

Dari beberapa ayat al-Quran diperoleh suatu isyarat kabar bahwa seorang mukmin tidak akan terlepas dari ujian keimanannya. Ujian keimanan ini setidak-tidaknya mengandung dua makna sebagai berikut.

1. Membuktikan kualitas keimanan seseorang.

2. Meningkatkan keimanan seseorang.




Materi disampaikan di: Masjid Nashrullah, Cangkuang, 24 Oktober 2010

23 Oktober 2010

Jin/Syetan dalam Diri Manusia

Materi belum ditulis, tunduh ah

Disampaikan di: Rancapait

22 Oktober 2010

RAKAAT SHALAT JENAZAH

Riwayat 1:

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى قَالَ « : كَانَ زَيْدُ بْنُ أَرْقَمَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُكَبِّرُ عَلَى جَنَائِزِنَا أَرْبَعًا ، وَأَنَّهُ كَبَّرَ عَلَى جِنَازَةٍ خَمْسًا ، فَسَأَلْته فَقَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَبِّرُهَا » رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَالْأَرْبَعَةُ

Dari Abdurrahman bin Abu Laila, ia berkata: "Zaid bin Arqam bertakbir atas jenazah-jenazah kami sebanyak 4 takbir. Dan ia bertakbir kepada jenazah lainnya 5 takbir". Lalu aku bertanya kepadanya, maka ia berkata: "Rasulullah Saw bertakbir (seperti) itu". (HR Muslim dan al-Arba'ah)

Abdurrahman bin Abu Laila adalah Abu Isa Abdurrahman bin Abu Laila. Ia dilahirkan enam tahun dari penghujung kekhilafahan Umar bin al-Khattab. Ia banyak mendengar hadis dari bapaknya, Ali bin Abu Thalib dan sejumlah sahabat lainnya. Ia meninggal dunia pada tahun 82 H. Mengenai sebab-sebab wafatnya, ada beberapa pendapat. Ada yang mengatakan bahwa ia terbunuh. Ada juga yang mengatakan bahwa ia tenggelam di sungai Bashrah.

Riwayat 2:

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ ، أَنَّهُ كَبَّرَ عَلَى سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ سِتًّا ، وَقَالَ : إنَّهُ بَدْرِيٌّ . رَوَاهُ سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ ، وَأَصْلُهُ فِي الْبُخَارِيِّ

Dari Ali (bin Abu Thalib): "Sesungguhnya ia bertakbir pada (jenazah) Sahl bin Hunaif sebanyak 6 takbir. Dan ia berkata: "Sesungguhnya ia (Sahl) adalah Badriy (yang pernah mengikuti perang Badar)". (HR Said bin Manshur dan ashalnya dalam al-Bukhari)

Riwayat 3:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَبِّرُ عَلَى الْجَنَائِزِ أَرْبَعًا وَخَمْسًا وَسِتًّا وَسَبْعًا وَثَمَانِيًا حَتَّى جَاءَ مَوْتُ النَّجَاشِيِّ فَخَرَجَ إلَى الْمُصَلَّى وَصَفَّ النَّاسَ وَزَادَ : وَكَبَّرَ عَلَيْهِ أَرْبَعًا ثُمَّ ثَبَتَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَرْبَعٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ

"Nabi Saw bertakbir atas jenazah sebanyak 4 kali, 5 kali, 6 kali, 7 kali, dan (kadang-kadang) 8 kali sampai datang kematian Raja Najasyi (Ashamah). Maka ia keluar menuju tempat shalat dan (mengatur) shaf orang-orang". Dan ia menambahkan (keterangan): "Dan ia bertakbir atasnya sebanyak 4 takbir, kemudian Nabi Saw tetap takbir 4 kali sampai Allah mewafatkannya". (HR Ibnu Abdul Bar)

Hadis ini diriwayatkan juga oleh Abu Dawud dalam Kitab al-Janaiz, Bab at-Takbirat 'ala al-Janazah.

Riwayat 4:

عَنْ أَبِي وَائِلٍ قَالَ : « كَانُوا يُكَبِّرُونَ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعًا وَخَمْسًا وَسِتًّا وَسَبْعًا فَجَمَعَ عُمَرُ أَصْحَابَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَ كُلٌّ بِمَا رَأَى فَجَمَعَهُمْ عُمَرُ عَلَى أَرْبَعِ تَكْبِيرَاتٍ

Dari Abu Wa-il, ia berkata: "Mereka bertakbir pada zaman Rasulullah Saw sebanyak 4 kali, 5 kali, 6 kali, dan 7 kali. Lalu Umar mengumpulkan para sahabat Rasulullah. Lalu setiap orang mengabarkan apa yang dilihatnya. Maka umar menetapkan 4 kali takbir". (HR al-Baihaqi dan Ibnu al-Mundzir)

Hadis ini diriwayatkan juga oleh Abu Dawud dalam Kitab al-Janaiz, Bab at-Takbirat 'ala al-Janazah.

Sumber: Subulus Salam, al-Kahlani
Disampaikan di: Masjid al-Istiqamah, Bojong Peundeuy, 21 Oktober 2010)